Rabu, 09 Juni 2010

ETIKA BISNIS DALAM TEKNOLOGI INFORMASI


Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Ibarat sebuah mobil, laju mobil penting untuk dapat mengantarkan penumpangnya ke tempat tujuan.

Mobil melaju karena injakkan pedal gas pengemudinya dan berhenti kerena injakan pedal rem. Injakanpedal gas mobil diperlukan agar mobil dapat melaju dan injakan pedal rem diperlukan agar mobil melaju dengan selamat.

Begitu pula sebuah perusahaan bergerak karena beraksinya sumber daya manusia bersama-sama sumberdaya yang lain. Agar aksi manajemen perusahaan berjalan selamat perlu memperhatikan etikabisnis dan tanggung jawab sosial.

Etika dan tanggung jawab sosial perupakan rem perusahaan agar berkerja tidak bertabrakan dengan pemegang kepentingan perusahaan, seperti pelanggan, pemerintah, pemilik, kreditur, pekerja dan komunitas atau masyarakat.

Hubungan yang harmonis dengan pemegang kepentingan akan menghasilkan energi positif buat kemajuan perusahaan.

ALASAN ATAS KODE ETIK

1. Meningkatkan kepercayaan publik pada bisnis.

2. Berkurangnya potensial regulasi pemerintah yang dikeluarkan sebagai aktivitas kontrol.

3. Menyediakan pegangan untuk dapat diterima sebagai pedoman.

4. Menyediakan tanggungjawab atas prilaku yang tak ber-etika.

PERTIMBANGAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

1. Pelanggan (Customers)

2. Pekerja (Employees)

3. Pemegang saham (Stockholders)

4. Kreditur (Creditors)

5. Masyarakat (Communities)

TANGGUNG JAWAB SOSIAL KEPADA PELANGGAN ( SOCIAL RESPON BILITY TO CUSTOMERS )

1. Bagaimana Memastikan Tanggung jawab Bisnis :

-Tetapkan kode etika.

-Monitor keluhan pelanggan.

-Memperoleh umpan balik pelanggan

2. Bagaimana memastikan tanggungjawab Pemerintah :

-Peraturan Keamanan Produk.

-Peraturan Periklanan.

-Peraturan Persaingan Industri.

T A N G G U N G J A W A B S O S I A L K E P A D A P E K E R J A ( S O C I A L R E S P O N B I L I T Y T O E M P L O Y E E S )

1. Keamanan Pekerja (Employee Safety)

-Memastikan Tempat kerja yang aman bagi pekerja.

2. Perlakuan pekerja

-Memastikan tidak ada diskriminasi.

3. Kesamaan kesempatan (Equal Opportunity)

-Kesamaan Kesempatan/Hak sipil

4. Bagaimana memastikan tanggung jawab Bisnis :

-Keluhan Prosedur.

-Kode etik.

-UU Ketenaga kerjaan

T A N G G U N G J A W A B S O S I A L K E P A D A K R E D I T O R ( S O C I A L R E S P O N S I B I L I T Y T O C R E D I T O R S )

1. Kewajiban Keuangan.

2. Informasikan kreditur jika mempunyai permasalahan keuangan

TANGGUNG JAWAB SOSIAL KEPADA L I N G K U N G A N ( SOCIAL RESPONSIBILITY T O THEENVIRONMENT )

1. Pencegahan polusi udara:

Peninjauan kembali proses produksi.

Petunjuk Penyelenggaraan pemerintah

2. Pencegahan polusi daratan:

Peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan.

Menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan

T A N G G U N G J A W A B S O S I A L K E P A D A M A S Y A R A K A T ( S O C I A L R E S P O N S I B I L I T Y T O C O M M U N I T Y )

1. Sponsori peristiwa masyarakat lokal.

2. Sumbangkan kepada masyarakat tidak mampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan mengisi komentar disini: